Nombre. Nimi. Nosaukums.

Use Google and find out the title’s meaning, unless you’re Pak Apiq’s student, the title will be so obvious :S


Oke. First thing first, nulis blog itu ternyata susah sekali yaaaaaahh! Gak semudah kayak yang saya bayangkan. Agak berlebihan mungkin kelihatannya tapi ya itu faktanya, gimana dong? So then, congratulation for those who enjoy writing, well specifically, blogging! Yay! Plok! Plok! Cukup sekian curahan hati saya :S.

Seperti judulnya, posting-an kali ini akan banyak berhubungan dengan arti dari Mitsalina Shafwah, yang sebenernya merupakan nama asli/panjang saya. Sama kayak nama-nama lainnya, nama ini pemberian dari orang tua saya, cukup obvious, yang mungkin terlalu identik dengan satu suku bangsa, Arab. Kebanyakan orang memiliki kesusahan tersendiri, apalagi foreigner, dalam melafalkan nama saya, padahal menurut saya nama ini gampang banget. Some people spell it, mitsalian, some other, mitslina, dan lain lain lainnya. Dan, gak tau kenapa tapi nama ini bikin banyak orang jadi innovatif dan kreatif (sesuai pak sama kuliahnya) sendiri dengan memodifikasi nama saya jadi Mitasalvina, Mitasalina, Mitsalinten, dan lain lain lainnya.

Balik ke persepsi orang-orang tentang nama saya yang Arab sekali, memang ternyata benar nama itu berasal dari bahasa Arab, bahasa Al-Qur’an lebih tepatnya. Kata orang tua saya, itu pengaruh Aki saya yang memang suka banget sama Al-Quran. So here’s the meaning:

Mitsalina Shafwah = Contoh yang Baik

And unfortunately, tidak ada filosofi tertentu atau cerita khusus dari nama saya kayak kebanyakan orang, orang tua saya mungkin terlalu gak mau ribet dan pusing-pusing cari metafor atapun filosofi buat nama anaknya, padahal namanya ribet banget yah tapi bikinnya simple; cukup nurut dengan Aki saya and voila! the baby’s officially named Mitsalina Shafwah. Gak tau contoh nya itu arti dari mitsalina atau shafwah, pokoknya kalo disatuin artinya akan seperti itu.

Is it safe to say that my parents expect too much from me? Bisa kali yah dibilang seperti itu, tapi well, saya selalu percaya kalau nama itu do’a dari setiap orang tua yang melahirkannya. So, oke mama dan papa, thank you for your prayer! Hahaha.

On top of that, kronologis diresmikannya nama Mitsalina yang simple (ngikut apa kata Aki aja), walaupun pada akhirnya lafalnya ribet, kayaknya lebih merepresentasikan diri saya dari pada arti dari nama itu sendiri; Saya orangnya simple, gak suka macem-macem, tapi tetep aja suka ribet sendiri. Agak tidak nyambung, tapi well the chronology seems to be in accordance with myself now hehehe.

Next, cara saya untuk mengartikan nama saya secara kreatif dan innovatif adalah:

Using Google and cyber-world as one example among many innovative products!

Cukup kreatif sekaligus innovatif lah yaaaaa. Dimulai dari search di google “arti nama”, dan tiba-tiba muncul sejuta link samapi entah halaman berapa yang memuat arti nama di dalam web-nya. Yang kalau dibuka satu per satu, ada aja yang tidak nyambung dan tidak penting sekaligus cuma banyak-banyakin tab di safari saja. Tapi pada akhirnya saya menemukan satu web yang menarik sekali, di web tersebut dituliskan:

Pendeteksian nama ini tidak menggunakan cara asal-asalan, melainkan menggunakan Metode Mistis Matematis Phythagoras dengan akurasi yang cukup tinggi, meski demikian segala ketentuan ada pada Tuhan, pendeteksian ini adalah salah satu ikhtiar saja. Harap masukan abjad saja (tidak bisa untuk angka/karakter lain).

Interesting yet creative, but at the same time, freak! Hahaha. Dan pada akhirnya, saya memasukkan nama saya: Mitsalina Shafwah, and here comes the result:

MITSALINA SHAFWAH
Mengandung Arti:

Keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan
Durjana/tidak beribadah
Keangkeran dan pengaruh kekuasaan
Pengorbanan
Berhasil dengan baik, cerdas dan beruntung
Kesentausaan dan suka ilmu pengetahuan
Suci

HAHAHAHA, on the contrary with my name that derives from Al-Qur’an, ternyata punya arti Durjana/Tidak Beribadah. Kontradiksi yang lumayan lucu. For those who eager to know what is the meaning of your name according to Metode Mistis Matematis Phythagoras, please kindly open: http://www.indospiritual.com/arti-nama.html

Cukup fun tapi juga mengesalkan karena nama anda tidak mungkin 100% baik bahkan bisa jadi buruk total dibanding translator nama online lainnya yang kebanyakan arti-nya positif melulu dan selalu menggunakan kata-kata yang berbunga-bunga. This one is mean yet rude, atau mungkin sebenernya jujur saya juga gak ngerti.

Ada satu paragraf dari situs tersebut, which says like this:

Lalu bagaimana solusinya agar arti nama yang tidak baik tersebut tidak menjadi kenyataan? jawabannya adalah kita harus memperbanyaklah berbuat baik, bersedekah dan beribadah kepada Tuhan. Takdir buruk bisa dihindari dengan cara tersebut. Jadi ramalan tidak untuk dipercaya sepenuhnya. Ramalan hanyalah untuk memberikan tanda-tanda kepada manusia agar waspada.

And i should i say that i am totally agree, gak peduli nama kalian artinya apa, mau sebenernya bagus atau buruk, arti nama itu hanya awal harapan dan do’a dari orang tua, yang menentukan hidup, nasib, masa depan kita kedepannya is simply our efforts, faith, and eagerness to reach our goals or what we want to achieve.

Just be happy with your name, whatever your name is!

Kepanjangan deh ternyata posting-an saya ini, after all i enjoy writing, well kayaknya emang bawaan cerewet

Cheers,

Mitsalina Shafwah

Ps: Kalau bapak Apiq mau buka situs itu trus mengartikan nama bapak, jangan salahin saya pak kalau artinya jelek, itu kan kreatifitas orang bikin-bikin translatore engine kekekekek.

Leave a Reply

